Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 09 Januari 2020

Fakta Hutan Mangrove Indonesia 2018

         Image Credit: National Geographic.

Jika anda melihat pepohonan dan semak terhampar menghijau di pinggir pantai, di daerah air pasang surut, maka komunitas tetumbuhan itu disebut Mangrove.

1. Luas Mangrove

Kawasan hutan mangrove di dunia sampai dengan tahun 2018 tersisa seluas =/- 13,8 juta hektar terdiri dari 54 jenis tumbuhan di dalamnya.

35 % dari luas seluruh hutan mangrove dunia berada di Asia Tenggara.

Indonesia memiliki hutan mangrove paling luas di didunia yaitu: 3,9 juta hektar.

2. Pengertian Hutan Mangrove

Berikut saya rangkum pengertian Mangrove dari penelusuran berbagai definisi yang ada. Hutan Mangrove adalah sekelompok pepohonan dan semak tropika yang hidup di lingkungan air dengan genangan pasang-surut secara bergantian, kadar garam (salinitas)-nya tinggi dan  tumbuh di tanah (substrat) anaerob.

Sebut aja sekelompok pepohonan dan semak itu hutan.  Hutan Mangrove tumbuh berkembang berasosiasi  dengan mikroorganisme (bakteri, jamur algae) dan fauna (moluska, kepiting, udang dan ikan).

Karena lingkungan alaminya tergolong ekstrem, maka pohon -pohon mangrove  telah melakukan adaptasi sejak lama hingga dalam bentuknya saa ini, antara lain:  memiliki kelenjar garam pada daunnya, struktur akarnya khas berbeda dengan pepohonan di daratan, dan buahnya dikenal sebagai buah vivipar.



3. Zonasi dan jenis mangrove  di Indonesia


Ada 4 zona menurut pembagian yang sederhana yaitupada daerah terbuka, daerah tengah, daerah yangmemiliki sungai berair payau sampai hampir tawar, serta daerah ke arah daratan yang memiliki air tawar.
           Sumber:: Departemen Kehutanan R.I, 2003


Mangrove terbuka

Mangrove terbuka langsung berhadapan dengan laut.  Jenis Soneratia alba mendominasi komposisi  floristiknya. Mereka tumbuh dan berkembang di zona terbuka dan sangat bergantung pada substratnya.

Sonneratia alba cenderung untuk mendominasi daerah berpasir, sementara Avicennia marina dan Rhizophora mucronata cenderung untuk mendominasi daerah yang lebih berlumpur.

Meskipun demikian, Sonneratia akan berasosiasi dengan Avicennia jika tanah lumpurnya kaya akan bahan organik

Mangrove tengah

Mangrove di zona ini terletak dibelakang mangrove zona terbuka.  Di zona ini biasanya didominasi oleh jenis Rhizophora.  Namun, beberapa tempat dapat dijumpai dominasi oleh Bruguiera cylindrica.

Jenis-jenis penting lainnya adalah
Bruguiera eriopetala, Bruguiera gymnorrhiza, Excoecaria agallocha, Rhizophora mucronata, Xylocarpus granatum dan Xylocarpus moluccensis.

Mangrove payau

Nypa fruticans (nipah) dapat dijumpai di delta-delta sungai atau sepanjang sungai yang berair paya hingga hampir tawar.

Komunitas yang berderet memanjang sepanjang kanan-kiri sungai seringkali seringkali bersambung dengan komunitas Cerbera sp, Gluta renghas, Stenochlaena palustris dan Xylocarpus granatum. 

Ke arah pantai, campuran komunitas Sonneratia - Nipa lebih sering ditemukan. Sonneratia caseolaris lebih dominan terutama di bagian estuari yang berair hampir tawar

Mangrove daratan

Zona dengan keragaman jenis yang lebih tinggi dibandingkan dengan zona lainnya berada paling belakang dari arah laut. Mangrove daratan nama zonanya.

Jenis-jenis yang umum ditemukan pada zona ini termasuk Ficus microcarpus (Ficus retusa), Intsia bijuga, Nypa fruticans, Lumnitzera racemosa, Pandanus sp. dan Xylocarpus moluccensis.  

Sumber: jatmikadrawing.blogspot.com [2]

  

4. Fakta Mangrove

Mangrove yang menunjang kehidupan mahluk hidup dan manusia yaitu  sebagai sumberdaya perikanan, tempat hidup fauna dan flora yang beraneka ragam dan melindungi warga sekitarnya dari badai dan erosi.

Mangrove adalah pemerangkap dan penyimpan sejulah besar karbon (CO2) dan berperan dalam pengaturan iklim.


Ancaman pembangunan infrastruktur, perluasan lahan pertanian dan budidaya ikan serta tambak dihadapi oleh tidak hanya hutan mangrove Indonesia namun juga dunia. Semakin banyak  orang di pesisir pantai maka ancaman kerusakan hutan mangrove semakin meningkat.



Kesimpulan

Mangrove tumbuh di sepanjang garis pantai tropis Indonesia, seluas: 3,9 juta hektar atau 28.3 % dari luas mangrove dunia pada tahun 2019.

Mangrove adalah salah satu ekosistem penting yang terdiri dari jenis-jenis utama: Sonneratia alba, Avicennia marina, Rhizophora mucronate, Bruguiera cylindricaBruguiera eriopetala, Bruguiera. gymnorrhiza, Excoecaria agallocha, Rhizophora mucronata, Xylocarpus granatum dan Xylocarpus moluccensis. Cerbera sp, Gluta renghas, Stenochlaena palustris, Ficus microcarpus (Ficus retusa), Intsia bijuga, Nypa fruticans, Lumnitzera racemosa, Pandanus sp. dan Xylocarpus moluccensis.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages