Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 21 Juni 2009

Semut (Sesuatu Tidak Imut ..?)

Suatu alat tambahan kamera robotik yang menopang kamera foto digital standar dapat memotret obyek panorama dengan resolusi sangat tinggi hingga ukuran gigapixel+ secara berganda (multi). Selanjutnya, hasil tangkapan kamera ini diproses dengan software khusus agar dapat diolah menjadi foto/gambar panorama dengan resolusi sangat tinggi (gigapixel).

Inilah teknologi yang dikenal dengan GigaPan System, dengan tagline-nya:
"CREATE BRILLIANT HIGH RESOLUTION IMAGES ON AN UNPRECEDENTE SCALE."

Saking resolusinya tergolong sangat tinggi maka anda dapat memperbesar obyek hingga cape sendiri "Pan it till you drop."

Berikut ke-136 gambar seluruh tubuh semut, yang menjadi tidak imut karena gambar resolusi tingginya mampu menangkap dengan detil hingga gigapixel. Molly Gibson mengambil gambar semut dengan kamera NanoGigaPan. Selanjutnya diperbesar 800 x menggunakan Scanning Electron Microscope, kemudian hasilnya diolah dengan sofware GigaPan stitcher. Anda dapat mengunjunginya di web site GigaPan


Di web site ini, sebagai bagian pengembangan teknologi Sistem GigaPan, anda dapat mendaftar, memasang obyek-obyek foto panorama anda dan berbagi pengalaman atas gambar-gambar detil dengan orang lain di seluruh dunia. Sebagai salah seorang pemilik "unique robotic camera mount", maka anda dianjurkan untuk mendaftar di situs web ini, sedangkan, yang tidak punya alat seperti ini, tetap boleh mendaftar untuk menjadi bagian komunitas ini.

GigaPan merupakan pengembangan terbaru dari Global Connection Project di Carnegie Mellon University (CMU), yang disponsori oleh Google, CMU dan NASA /Ames Intelligent Robotika Group.

Teknologi foto panorama multi-gigapixel ditujukan untuk membantu mempertemukan warga di muka bumi ini dan memfasilitasi mereka untuk belajar dan bertukar pengalaman tentang planet bumi itu sendiri.

"Ant" Image's posted by: Molly Gibson for gigapan.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages