Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 31 Mei 2010

Upaya BP Menghentikan Tumpahan Minyak: Gagal Lagi, Gagal Lagi ...

BP mengakui gagal dalam upayanya menghentikan tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Chief Operating Officer (COO) BP Doug Suttles, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press [2], mengatakan bahwa upaya perusahaan untuk menyumbat kebocoran dengan memompakan lumpur-berat ke dalam sumur sedalam 5.000 kaki di bawah laut telah terhenti, lebih dari 1,2 juta galon lumpur telah digunakan selama tiga hari tetapi sebagian besar lolos melalui bagian alat pompa (riser) yang rusak.

Prosedur penghentian (semburan minyak) dari atas, populer dengan istilah prosedur "top-kill", ditujukan untuk mengisikan sumbat lumpur berat ke dalam sumur sehingga mengurangi tekanan dan aliran minyak. Setelah lumpur masuk di dalam sumur dan menghentikan semburan minyak, lalu disusul dengan penutupan kebocoran minyak itu memakai semen [2]. Berikut ini animasi prosedur "top-kill":



Upaya dengan cara "top kill", ini merupakan upaya yang kesekian kalinya dari BP, setelah sebelumnya gagal menghentikan tumpahan minyak dengan cara:
- menutup katup dengan robot kapal selam beberapa hari setelah ledakan masif rig memporak-porandakan katup di atas muka sumur;
- dua minggu kemudian, kristal yang menyerupai es dikemas dalam suatu kontainer (kotak) berbobot 100 ton diletakkan menutup mulut semburan; dan
- pada minggu pertama bulan ini, insinyur BP terpaksa menyingkirkan tabung-siphon sepanjang satu mil setelah terpental oleh semburan minyak +/- 900.000 gallon.

Meskipun serangkaian upaya tersebut telah gagal, namun BP telah menyiapkan upaya berikutnya untuk menghentikan tumpahan minyak ini.

Kejadian ini menjadikannya sebagai bencana tumpahan minyak terburuk di Amerika Serikat melebih insiden tumpahan minyak Exxon Valdez di lepas pantai Alaska pada 1989.

Akibat bencana kali ini, pemerintah Amerika Serikat memperkirakan antara 18 - 40 Juta gallon tumpahan minyak akan terkumpul.

Sources:
1. AP, BP's top kill effort fails to plug Gulf oil leak, http://news.yahoo.com/s/ap/20100529/ap_on_bi_ge/us_gulf_oil_spill, retrieved 29/05/2010
2. BP, Top kill procedure, http://www.bp.com/genericarticle.do?categoryId=9033657&contentId=7062095, retrieved: 29/05/2010

Image Credit: BP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages