Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 09 Februari 2010

12 Kejadian Tsunami Yang Berarti di Indonesia

Tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan hingga lebih 900 km per jam, terutama diakibatkan oleh gempabumi yang terjadi di dasar laut. Berasal dari istilah Jepang yang artinya: gelombang (“nami”) di pelabuhan (“tsu”).

Serangkaian gelombang yang berjalan sangat jauh, melintasi ceruk-ceruk samudera, tanpa henti dengan hanya sedikit energi [2]. Istilah berkaitan dengan Tsunami, selengkapnya, dapat anda unduh: Tsunami Glossary di situs International Tsunami Information Centre (ITIC)

Tsunami akan menjulang makin tinggi ketika mendekati perairan dangkal. Gelombang tinggi tsunami ini merusak apapun yang dilalui.

Menghempaskan aneka sampah, kerangka rumah...Balok kayu dan mobil dijadikannya proyektil yang berbahaya bagi keselamatan jiwa manusia.

Kecepatan gelombang tsunami bergantung pada kedalaman laut. Di laut dengan kedalaman 7000 m misalnya, kecepatannya bisa mencapai 942,9 km/jam. yang hampir sama dengan kecepatan pesawat jet, namun di tengah samudera ketinggiannya sekitar 60 Cm, sehingga kapal-kapal yang berlayar tidak merasakan adanya Tsunami [2].

Berikut ini daftar 12 kejadian Tsunami di Indonesia, yang dianggap berarti [2]:

Sources:
[1]. ITIC, Glosary Tsunami, http://ioc3.unesco.org/itic/contents.php?id=328
[2] Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, http://portal.vsi.esdm.go.id/joomla/

Related Posts:
1. Tsunami Dapat Dideteksi dengan Kabel Serat Optik Bawah Laut
2. Tidak Perlu Resah, Bersiaplah Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages