Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 05 Desember 2009

6#: Setelah Gempa, Periksalah Kerusakan dan Luka-luka!

Sudah menjadi pengetahuan kita bersama, bahwa selama dan sesudah gempa bumi terjadi, orang selalu panik, berlari hilir mudik atau berlindung di tempat aman, menunggu, jika semuanya reda baru balik!

Ini adalah reaksi alami, sebagai bentuk perlindungan diri kita. Namun, jika aksi tersebut terlalu berlebihan, memang bisa membahayakan diri sendiri bahkan orang lain, yang semula cukup tenang akhirnya jadi ikut-ikutan panik atau terguncang.

Jadi, upayakan anda bisa menenangkan diri sendiri, jaga situasi diri, dan ingat "rencana tanggap darurat" , yang telah anda buat!

Ingat, gempa bumi susulan dapat memperparah kerusakan atau merobohkan bangunan dan benda-benda yang sudah nyaris runtuh akibat gempa utama sebelumnya.

Jika anda terjebak dalam reruntuhan, segeralah lindungi mulut, hidung dan mata dari debu.

Jika anda luka dan mengalami pendarahan maka, ikat atau tekan luka anda dan angkat bagian yang cedera lebih tinggi - sekedar untuk mengurangi pendarahan -.

Jika anda tidak bisa keluar dari reruntuhan, upayakan membuat sinyal, bunyikan peluit, deringkan ponsel atau membuat suara ketukan keras pada kayu atau material bangunan sekitar anda. Tiga kali setiap menit! Harapannya regu penolong dapat mendengarkan sinyal anda tersebut.

Jika anda bisa bergerak, keluarlah dari reruntuhan, carilah jalan keluar, waspada terhadap runtuhnya benda-benda, segera menuju ke tempat pengungsian atau ke rumah. Ambil persedian obat dan peralatan (kit) bencana anda.

Kalau mungkin, lindungi diri anda dengan memakai sepatu yang kuat, untuk menghindari cedera dari pecahan kaca dan puing-puing, sarung tangan, masker dan kaca-mata, dan... anda telah siap membantu orang lain!

Berikut ini, aksi memeriksa kerusakan dan luka-luka yang perlu anda lakukan setelah aman dari bencana gempa bumi. Tulisan tentang 7 aksi penting setelah gempa bumi pernah saya posting, dan hal-hal berikut ini sekedar meringkas dan melengkapinya:

Pada saat anda memeriksa kerusakan:


  • Jangan terburu-buru masuk kembali ke rumah anda sampai anda tahu situasinya benar-benar aman.

  • Kebakaran, jika mungkin, segera padamkan kebakaran kecil di rumah anda atau di lingkungan rumah anda. Lakukan upaya pemadaman api, sambil berteriak minta tolong, tanpa menunggu petugas pemadam kebakaran.

  • Kebocoran gas (khususnya di rumah dengan jaringan gas alam), segera matikan katup gas utama hanya jika anda mencurigai kebocoran pada jaringan pipa gas yang rusak. Anda dapat mengenali dari bau dan suara desis gas bocor. Hubungi teknisi gas dan tunggu perbaikan dari perusahaan gas negara.


  • Pada saat anda memeriksa luka-luka:

  • Periksa kit/kotak perlengkapan pertolongan pertama anda.

  • Ambil buku catatan nomor telefon regu penolong atau petugas medis, sebagai cadangan jika ponsel anda hilang atau mati.

  • Jika anda atau seseorang cedera dan berdarah, lakukan tekanan langsung pada luka. Gunakan kain kasa atau kain bersih, jika tersedia.

  • Jika seseorang tidak bernapas, lakukan penyelamatan dengan membantunya bernapas (pertolongan napas buatan).

  • Jika seseorang terbakar bajunya, mintalah dia berhenti, menjatuhkan dirinya ke tanah dan mintalah bergulingan.

  • Jika mengalami cedera serius, jangan banyak bergerak, kecuali pada saat itu anda terancam bahaya gempa susulan.

  • Lindungi mereka yang cedera, agar tubuhnya tetap hangat dengan selimut.

  • Bantu mereka yang cedera serius, agar segera mendapatkan bantuan medis

  • Berhati-hatilah memeriksa anak-anak atau orang lain yang memiliki "kekurangan fisik" (disabilities).


  • Itu semua mungkin sudah anda ketahui, tetapi tulisan ini barangkali bermanfaat untuk menyegarkan kembali ingatan kita, karena bencana gempa bumi datangnya tidak terduga!

    Source: Diadaptasi dari Pusat Gempa California Selatan, "Putting Down Roots in Earthquake Country".

    Related Posts:
    1.5#: Lindungi Diri Anda Selama Guncangan Gempa Bumi
    2.4#: Apakah Rumah Anda Aman Dari Gempa Bumi ?
    3.3#: Menyediakan Perlengkapan Pribadi Menghadapi Gempa Bumi
    4.2#: Membuat Rencana Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi
    5.1#: Kenali Potensi Kerusakan akibat Gempa Bumi di Rumah Anda
    6.7 Aksi Penting Setelah Gempa Bumi Berlalu
    7.10 # Aksi Saat Terjadi Gempa Bumi

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Post Top Ad

    Your Ad Spot

    Pages