Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 29 September 2009

Perubahan Iklim Menjadi Tema "Blog Action Day 2009"

Blog Action Day merupakan acara tahunan yang menyatukan dunia blogger untuk mem-posting tentang masalah yang sama pada hari yang sama pada blog mereka sendiri dengan tujuan untuk mendorong diskusi seputar masalah global yang penting.



Tema Blog Action Day 2009 ini adalah Perubahan Iklim (Climate Change). Mengapa Perubahan Iklim?

Dalam situs-nya, Blog Action Day'09 Climate Change, tema ini diambil karena:
Climate change affects us all and it threatens more than the environment. It threatens to cause famine, flooding, war, and millions of refugees.

Given the urgency of the issue of climate change and the upcoming international climate negotiations in Copenhagen this December, we think the blogosphere has the unique opportunity to mobilize millions of people around expressing support for finding a sustainable solution to the climate crisis.



Perubahan iklim telah mempengaruhi kita semua dan mengancam lingkungan hidup kita, sehingga menyebabkan kelaparan, banjir, penyakit, perang, dan jutaan pengungsi. Sehingga masalah perubahan iklim menjadi mendesak dan ini disadari oleh banyak negara di dunia sehingga dalam akhir tahun ini akan melakukan negosiasi iklim internasional di Copenhagen.

Sekali lagi, kegiatan ini akan membuktikan kekuatan blogosphere yang unik untuk memobilisasi jutaan orang di seluruh dunia agar mengekspresikan dukungannya untuk menemukan solusi yang lestari tentang krisis iklim global.

Adanya event ini diharapkan komunitas blogger dapat melakukan hal yang sama yaitu menulis artikel tentang perubahan iklim dan mempostingnya pada tanggal 15 Oktober 2009,tentunya yang berkaitan dengan topik blog masing-masing.

Anda tertarik ikutan event ini ? Daftar saja segera di situs ini: Blog Action Day'09 Climate Change.

Kemudian rencanakan dan siapkan ide dan artikel untuk blog anda yang berkaitan dengan perubahan iklim:


  • Blog tentang teknologi atau bisnis mungkin bisa menulis tentang teknologi bersih (clean tech) atau menceritakan bagaimana perusahaan-perusahaan inovatif terlibat dan membantu mengatasi masalah perubahan iklim.

  • Blog tentang gaya hidup dan kesehatan mungkin menulis tentang bagaimana perubahan iklim akan mempengaruhi kesehatan anak-anak kita dan kehidupan sehari-hari.

  • Blog tentang Design mungkin saja menulis tentang tren baru rancangan yang ramah lingkungan dan rancangan yang berkelanjutan.

  • Blog tentang perjalanan (travel) atau Outdoor mungkin menulis tentang tempat-tempat yang indah, yang barangkali mulai terkena dampak perubahan iklim atau tempat wisata yang sangat memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan betul-betul menerapkan wisata yang ramah lingkungan.


  • Sangat membantu bila anda ikut mempromosikan lewat media jejaring sosial anda, seperti facebook, twitter atau dapatkan dan pasang badge pada blog anda, seperti yang terpasang di side bar blog ini.

    Blog Action Day
    ini diciptakan oleh Collis & Cyan Ta'eed pada musim panas 2007. Mereka memulai di Australia dengan dukungan tim Envato dan banyak sukarelawan, mereka berhasil merekrut lebih dari 20.000 blogger untuk menulis tentang masalah Lingkungan Hidup pada tanggal 15 Oktober 2007 - sehingga membuat Blog Action Day pertama dinilai cukup sukses.

    Para blogger saat itu banyak menulis tentang kegiatan mereka terkait lingkungan hidup, merinci ide-ide inovatif untuk melakukan praktek-praktek keseharian yang ramah lingkungan, dan mengajak para pembaca, organisasi dan perusahaan untuk ikut mempromosikan agenda hijau. Selanjutnya, tema Kemiskinan menjadi tema Blog Action Day pada tahun 2008, para blogger menunjukkan berbagai perspektif dan mengidentifikasi solusi inovatif bagi penanggulangan kemiskinan.

    Untuk hal yang sama maka tahun ini, 2009, temanya adalah Perubahan Iklim, sebuah isu yang mengancam kita semua. Collis & Cyan telah meminta tim di Change.org, untuk mengambil alih tanggung jawab agar jangkauan penyebaran Blog Action Day 2009 lebih luas lagi.

    Blog Action Day adalah tentang partisipasi massa lewat kekuatan blogosphere. Setiap orang bebas untuk bergabung di di Blog Action Day dan tidak ada batasan jumlah posting, jenis posting atau kreativitas anda.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Post Top Ad

    Your Ad Spot

    Pages